Tips Interview Kerja Yang Sukes Agar Bisa Diterima Kerja

 Mencari kerja di jaman sekarang memang tidak lah mudah. Karena setiap tahun, ada jutaan orang yang lulus sekolah atau kuliah, sementara tempat untuk menampung mereka kerja sangatlah sedikit. Tak jarang, banyak lulusan sekolah atau bahkan sarjana menganggur.

Tapi bagi kamu yang memang berusaha dengan keras dan tidak kenal lelah, kirim lamaran ke berbagai kantor, berbagai pabrik atau instansi, tentu kamu akan mendapatkan panggilan interview.

Nah, setelah kamu mengirim sana sini lamaran kerja, kamu akan mendapat panggilan untuk interview. Di masa interview, kamu akan di tes untuk memantaskan apakah kamu layak untuk bekerja di tempat itu, atau hanya akan berakhir pada ucapan pak HRD, "tunggu dua minggu lagi ya".

Buat kamu yang akan melakukan interview, ada baik nya kamu mengikuti tips-tips yang akan kami berikan di bawah ini.

Tips Interview Kerja Yang Sukes Agar Bisa Diterima Kerja

Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui tips interview kerja yang sukses dan bisa diterima kerja.

1. Beri jeda saat menjawab

Ketika pak hrd menyakan sesuatu hal pada kamu, jangan langsung menjawab. Tarik nafas terlebih dahulu, beri jeda beberapa detik, baru mengeluarkan kata untuk menjawab apa yang hrd tanyakan. Kamu juga jangan tergesa-gesa ketika berucap kata. Santai, rileks, ibaratkan kamu sedang mengobrol bareng teman yang telah kamu kenal lama.

2. Jangan panik

Santai saja ketika kamu sedang interview. Jangan panik dan jangan tergesa-gesa menjawab tanya dari pak hrd. Buat rileks dirimu, karena interview itu tidak menakutkan bung. Kontrol dirimu agar tidak panik. Jika kamu panik tentu akan mengurangi nilai proses interview mu.

3. Pertanyaan jebakan

Jika kamu di tanya oleh Hrd kamu minta gaji berapa. Jangan langsung menjawab dengan nominal. Kenapa begitu? Karena itu pertanyaan jebakan bung. Jika kamu mengajukan gaji yang terlalu tinggi di banding nominal yang di berikan perusahaan itu, tentu kamu akan di tolak. Nah, jika kamu di tanya perihal gaji, jawab saja bahwa kamu menyerahkan berapa pun gaji sesuai dengan kebijakan perusahaan itu. Yang terpenting kerja dulu baru mikirin gaji. Gitu saja bung menjawab pertanyaan jebakan itu.

4. Jujur dan terbuka

Jangan terlalu membangga-banggakan diri mu dengan berbagai hal yang sebenarnya tidak kamu miliki. Berkatalah secara jujur dan apa ada nya tentang dirimu. Karena kejujuran adalah sesuatu hal yang mahal di jaman sekarang. Jangan pernah sekali-kali kamu membual dengan hal-hal yang tidak ada dalam diri mu. Itu akan dapat merugikan dirimu di suatu hari nanti.

5. Jabatan tangan

Menjabat tangan pak hrd saat pertama kali bertemu juga merupakan salah satu yang mungkin di nilai oleh pak hrd. Jika kamu menjabat tangan dengan terlalu keras, kamu orang yang terlalu agresif. Jika terlalu lemah, hrd bisa menilai kamu orang yang terlalu pesimis. Maka jabatlah tangan hrd dengan tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah, yang pas dan proposional.

6. Bersikap ramah yang wajar

Jangan terlalu sok kenal sok dekat, yang biasa-biasa saja. Jangan juga terlalu kaku. Kamu harus bersikap ramah terhadap hrd tersebut, tapi dalam batas kewajaran. Berbicaralah dengan sopan dan jangan seperti berbicara dengan teman sendiri. Usahakan sikap kamu tidak berlebihan, yang sewajarnya saja.

Dan itulah beberapa tips bagi kamu yang akan melakukan interview kerja. Semoga kamu sukses dan mendapatkan kerja.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang akan melakukan interview kerja agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang dilamar. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.